RPP SILABUS KTSP SD dan MI | RPP SILABUS KTSP SD dan MI BERKARAKTER

RPP SILABUS KTSP SD dan MI

RPP SILABUS KTSP

Dalam setiap pengajaran dibutuhkan beberapa perangkat untuk mengatur serta me-manage jalannya proses belajar mengajar agar lebih bisa terarah dan sistematis selama masa proses pelaksanaanya. Berkaitan dengan hal tersebut, maka para pendidik membutuhkan suatu acuan dan rancangan progam pembelajaran berdasarkan kurikulum yang ada. Kurikulum yang sekarang sedang berjalan pada saat ini adalah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang nantinya diharapkan dapat dikembangkan lebih jauh dan disesuaikan dengan model sekolah masing masing sesuai dengan perkembangan yang ada oleh anda semua sebagai tenaga pendidik. Dalam hal ini kami berusaha ikut berbagi memberikan kepada anda beberapa contoh susunan RPP SILABUS MODEL KTSP TINGKAT SD / MI sebagai salah satu acuan  / petunjuk anda dalam menyusun atau membuat; RMH (rencana mengajar harian), Promes (Program semester), ataupun KKM (kriteria ketuntasan minimal). Contoh RPP dan Silabus untuk beberapa bidang studi itu diantaranya adalah: RPP dan Silabus KTSP Bahasa Indonesia, RPP dan Silabus KTSP Bahasa Inggris, RPP dan Silabus KTSP Bahasa Jawa, RPP dan Silabus KTSP IPA, RPP dan Silabus KTSP IPSRPP dan Silabus KTSP Matematika, RPP dan Silabus KTSP PAI, RPP dan Silabus KTSP Penjaskes, RPP dan Silabus KTSP PKn, RPP dan Silabus KTSP SBK dan RPP dan Silabus KTSP TIK.


Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang  Standar Nasional Pendidikan Pasal 20: Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.


Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar. Pada penyusunan Silabus dan RPP KTSP terbaru ditambahkan beberapa pengembangan, sehingga RPP dan Silabus KTSP 2010 mengalami beberapa perubahan pada penambahan budaya dan karakter bangsa. Semoga sedikit referensi ini dapat memberi manfaat untuk penyusunan rpp dan silabus model KTSP untuk bahan lampiran tugas, skripsi dan khususnya  untuk membantu tugas para tenaga pendidik supaya dapat lebih memajukan dunia pendidikan Indonesia.  

Kami berikan juga informasi seputar dunia pendidikan untuk anda.

Selamat Memajukan Pendidikan Indonesia!